Benarkah Cemburu Virus Cinta,,,,

9 Jan

Kata orang cemburu dapat menjadi bumbu perkawinan. Namun jika tidak cepat disikapi, cemburu dapat berubah jadi “virus” yang dapat menghancurkan perkawinan.

Orang sering mencampuradukan antara cemburu dan iri. Rasa iri muncul jika seseorang merasa kurang jika dibandingkan dengan orang lain dan berharap memiliki kualitas, kesuksesan atau apa-apa yang dimiliki orang yang membuatnya iri tersebut. Iri terdiri atas rasa rendah diri, kerinduan, kebencian terhadap situasi, niat jahat terhadap orang yang diirikan tapi disertai rasa bersalah, motivasi untuk memperbaiki diri, hasrat untuk memiliki ciri orang yang diirikan dan tak mau mengakui perasaan tersebut.

Sebaliknya cemburu muncul dalam konteks hubungan yang sangat dekat ketika kita takut kehilangan seseorang karena adanya pesaing, hubungan itu sendiri sangat penting bagi kepercayaan diri kita. Cemburu terdiri atas rasa takut kehilangan orang yang dicintai, rasa cemas, curiga atau marah atas kemungkinan penghianatan, harga diri rendah, sedih jika kehilangan, merasa tidak pasti dan kesepian, takut kehilangan orang yang dicintai dan sikap tidak percaya.

Rasa cemburu itu sendiri seperti juga cinta, adalah suatu gejala yang universal, suatu pengalaman yang wajar dan manusiawi karena mengandung unsur emosi yang tak dapat dipisahkan dari manusia. Cemburu dalam kadar yang wajar dapat dianggap sebagai bumbu yang memberi “warna” dalam suatu perkawinan. Sebagai bumbu, sikap cemburu bisa diambil sisi positifnya, misalnya dapat berguna sebagai alarm yang dapat memotivasi seseorang untuk meninjau kembali perasaan dirinya pada pasangannya.

Namun beberapa kasus, cemburu dapat berubah menjadi “virus” yang dapat menghancurleburkan suatu perkawinan, terutama saat cemburu telah berubah menjadi suatu obsesi yang perlu lebih diwaspadai, seperti yang terjadi  pada orang dengan perasaan rendah diri yang berlebihan, karena merasa tidak aman maka orang tersebut terus menerus dilanda rasa takut kalau-kalau orang yang dicintai akan berpaling pada orang yang memiliki kelebihan dibandingkan dirinya, atau merasa waswas menjadi kalah bersaing dengan orang lain.

Bukan saja suami yang dilanda perasaan cemburu, istri pun demikian, sebuah kenyataan mengungkapkan seorang istri ternyata tiga kali lebih terbuka dalam mengungkapkan  tuduhan mereka ketika sedang dilanda cemburu pada suaminya, hal ini menunjukan bahwa wanita memang memiliki kecenderungan lebih terbuka dan jujur dalam mengungkapkan apa yang mereka rasakan dibandingkan pria. Sedangkan para suami umumnya mencoba mengatasi perasaan cemburu mereka dengan cara yang khas, seperti mengurung diri dikamar, berdiam diri, bepergian seorang diri, dengan cara-cara tersebut mereka mencoba mengatasi sendiri rasa yang mengganggu tersebut, terkadang memang usaha tersebut dapat meredam rasa sakit akibat cemburu, namun jika terus menerus dipendam, ada dua kemungkinan yang dapat timbul, antara lain meledaknya perasaan-perasaan yang lama tertimbun.

Agar tidak berlarut-larut jika anda dilanda cemburu, maka katakan pada diri sendiri untuk berhenti memikirkannya, lalu bayangkan hal-hal yang menyenangkan selama beberapa saat sampai perasaan yang tidak menyenangkan tersebut hilang. Jika anda termasuk orang yang mudah dilanda cemburu, mungkin saatnya anda berfikir positif, fokuskan perhatian anda pada keinginan dan ambisi terhadap hal-hal yang positif, dan singkirkan pikiran-pikiran negatif dalam benak anda apa lagi jika terpikir keinginan untuk membalas apa yang telah diperbuat oleh pasangan, diharapkan kepercayaan diri yang terbentuk kemudian dapat menuntaskan perasaan negatif yang menghantui diri kita selama ini.

Sedangkan untuk menghadapi orang atau pasangan yang dilanda cemburu, cobalah untuk bersikap lembut, hangat dan ramah, namun jika emosi pasangan sedang tinggi cobalah untuk menahan diri dengan tidak mengatakan apa pun, melihat kekokohan anda melancarkan aksi bisu namun tetap memberikan perhatian yang utuh padanya, lama kelamaan si dia tidak lagi merasa yakin terhadap apa yang ada dalam pikirannya. “jangan-jangan istriku tidak seperti yang aku duga, jangan-jangan aku terlalu mengada-ngada”, begitu yang muncul di benaknya.

setelah emosi mereda, berikan kepercayaan padanya bahwa dia tetaplah yang terbaik bagi  anda, namun bila ia masih menarik diri, cobalah kesempatan lain, biarkan emosinya mereda dengan berlalunya waktu, tapi bila ia tetap tidak menyambut sikap anda, periksalah kalau-kalau ada persoalan lain yang mengganggu dirinya, mungkinkah dia mengalami suatu kekecewaan atau ada tekanan di tempat kerjanya, jika ini terjadi mungkin sudah saatnya kita membicarakan masalah ini secara lebih serius.

Semoga bermanfaat…….

21 Responses to “Benarkah Cemburu Virus Cinta,,,,”

  1. Andi Thecolggen January 9, 2011 at 12:55 pm #

    ▓███████████████████████████████████▓
    █░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░█
    █░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░█
    █░░█░░░█░█░▄▀░ █▀▀░░░░▀█▀░█░█░█░▄▀▀░░█
    █░░█░░░█░█▀░░░ █▀░░▄▄░░█░░█▀█░█░░▀▄░░█
    █░░█▄▄░█░█░▀▄░ █▄▄░░░░░█░░█░█░█░▄▄▀░░█
    █░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░█
    █░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░█
    █░░░░░░░░░░█▀█░█▀█░░█░▄▀▀░░░░░░░░░░░█
    █░░░░░░░░░░█▄█░█▀▀█░█░░▀▄░░░░░░░░░░░█
    █░░░░░░░░░░█░█░█▄▄█░█░▄▄▀░░░░░░░░░░░█
    █░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░█
    █░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░█
    █▓▓▓▓▓▓▓▓▓▓▓░I LIKE YOUR CREATE.░▓▓▓▓▓▓▓▓▓█
    █░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░█
    █░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░█
    █░░░░░█▀█▀█░█▀█░█▀█░▀█▀░█▀█░█▀█░░░░░█
    █░░░░░█░█░█░█▄█░█░█░░█░░█▄█░█▀▀█░░░░█
    █░░░░░█░░░█░█░█░█░█░░█░░█░█░█▄▄█░░░░█
    █░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░█
    █░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░█
    █░░░░░░░░░░█▀█░░█▀█░▄▀▀░▄▀▀░░░░░░░░░█
    █░░░░░░░░░░█▀▀█░█░█░░▀▄░░▀▄░░░░░░░░░█
    █░░░░░░░░░░█▄▄█░█▄█░▄▄▀░▄▄▀░░░░░░░░░█
    █░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░█
    █░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░█
    ▓███████████████████████████████████▓
    ★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★

  2. Andi Thecolggen January 9, 2011 at 1:03 pm #

    Sami_sami ateu….

  3. Andi Thecolggen January 9, 2011 at 1:19 pm #

    hahaha . . .🙂

  4. Srikandi Hati January 9, 2011 at 1:23 pm #

    kenapa alo,,,,ada yang lucu,,,suka cemburu ngga hayooooo,,,,,,?🙂

  5. Andi Thecolggen January 9, 2011 at 1:24 pm #

    hahaha . . .
    namanya juga manusia,,😉

    • Srikandi Hati January 9, 2011 at 1:27 pm #

      cemburu itu bumbunya cinta lho,,,, tapi awas jangan kebanyakan, bahaya
      :-*

  6. Andi Thecolggen January 9, 2011 at 1:28 pm #

    hehehe . . .😮

  7. Andi Thecolggen January 9, 2011 at 1:32 pm #

    klo om yudi si cemburuan ga ateu ??😉

    • Srikandi Hati January 9, 2011 at 1:34 pm #

      husss,,,, jangan bicara soal itu,,,, om yudi mah bageur lo,,,, 🙂

  8. Andi Thecolggen January 9, 2011 at 1:36 pm #

    jiahhhh . . .
    klo ga cemburuan berati ga sayang donk ateu,,🙂
    viissss

    • Srikandi Hati January 9, 2011 at 1:38 pm #

      suka sih tapi hal yang wajar setiap pasangan pasti punya perasaan seperti itu,,,,hemmmm😉

  9. Andi Thecolggen January 9, 2011 at 1:39 pm #

    hahaha . . .
    ngeLes nya bisa ajj si ateu mah,,😀

    • Srikandi Hati January 9, 2011 at 1:42 pm #

      iya kan andi pernah tua dan ateu pernah muda,,,,,,,😛

  10. tukang baso January 10, 2011 at 2:57 pm #

    Janganlah mencari isri, tapi carilah ibu bagi anak-anak kita

    aya randa nu semok te

    • Srikandi Hati January 12, 2011 at 8:31 am #

      nah kalo belum punya anak seperti dirimu, saran saya tetaplah cintai dan sayangi istri, jangan saling menyalahkan dan berikan dia kepercayaan diri bahwa segala sesuatunya ada yang mengatur, kita hanya bisa berusaha yang menentukan adalah Yang Diatas,,, ini adalah pengalaman saya sekian lamanya menunggu kehadiran buah hati,,,,

  11. Astra satria January 11, 2011 at 10:27 pm #

    Wahhh…. pada akhir postingan, buntutnya pake ngancam, hiii atuttt… oh ya, theme yang Anda pilih tampilannya feminim menggambarkan pemiliknya.
    Rasa Cemburu pada dasarnya adalah wajar itu sudah bagian sifat dari manusia, namun wanita paling pintar untuk menyembunyikannya, sedangkan laki-laki paling tidak bisa menyembunyikannya. postingan yang bagus, tetep semangat ya

    • Srikandi Hati January 12, 2011 at 8:48 am #

      terima kasih Mas Astra, anda selalu memberi semangat,,,,
      jangan pernah memendam rasa cinta dan cemburu dalam hati sehingga seseorang terkasih menjadi tidak tahu,,,,kalo ngomong-ngomong tentang cemburu aku paling gak bisa menyembunyikannya lho,,,,karena aku cenderung mempunyai sifat yang terbuka dan jujur,,ehm,,,😀

      • Astra satria January 12, 2011 at 1:36 pm #

        Itu bagus, karena itu membuktikan tentang adanya rasa kasih dan sayang. BTW aku orangnya pengertian lho

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: