Makna dan Arti Kehidupan

11 Jan

Hidup untuk mempersembahkan segala yang terbaik,,,,,yaitu yang bermakna untuk dunia dan berarti untuk akhirat, bukan mudah untuk mewujudkan kata-kata tersebut, tidak semudah untuk mengetik huruf-huruf dan bersatu menjadi rangkaian kalimat yang indah. Seringnya yang terjadi pincang, bilamana terbaik untuk dunia, rupanya tidak demikian untuk akhirat. Juga bila dirasakan terbaik untuk akhirat, hal-hal dunia tidak, perlu mempersembahkan yang terbaik apa jua yang diperbuat, karena dunia hanya bersifat sementara, kebermaknaan kehidupan dunia adalah kelangsungan yang berarti untuk akhirat yang kekal abadi.

Untuk menjadi insan yang dapat mempersambahkan yang terbaik tidak memerlukan hal yang bagus-bagus belaka, juga tidak memerlukan pengorbanan yang begitu besar karena hakikatnya manusia penuh dengan kepincangan, hanya perlu satu tekad dan sejumlah istiqamah, lantaran bila ada kedua intipati ini segala hal akan menghasilkan yang terbaik untuk dunia dan akhirat.

Kehidupan ini mempunyai seribu satu arti dan makna. Kehidupan ini tidak semudah yang disangka oleh golongan yang sambil lalu dan tidak sesusah yang disangka oleh golongan yang tamak dan bergantung kepada dirinya semata-mata. Manusia yang lalai dari hakikat dirinya yang sekedar seorang hamba kepada Tuhannya, secara tidak langsung akan menghadapi kesulitan dalam berinteraksi dengan kehidupan itu sendiri, ini karena apa yang dicari hanyalah kepuasan nafsu diri, kelezatan yang memberi manfaat kepada kepentingan diri sendiri tanpa menghayati makna kehidupan yang lebih sempurna

Hidup ini ibarat suatu pelajaran, ia bermula tanpa pernah dipinta dan akan berakhir dengan tanpa pernah diduga. Dibalik sebuah perjalanan yang bernama kehidupan, ada sebuah pengertian yang perlu dihayati, dan sebuah tujuan hakiki yang perlu dilaksanakan. Orang yang hidup tanpa memahami hakikat kehidupan sebenarnya akan tersiksa dalam menanggung onak dan duri dalam kehidupan ini dan jiwanya akan merasa kosong. Hidup dalam sebuah kehidupan yang penuh kepalsuan dan kesamaran akan mati dalam sebuah kematian yang penuh dengan penyesalan. Dalam hidup ini tujuan hidup merupakan suatu intipati yang amat penting, seseorang yang hidup tanpa tujuan bukan saja akan merasa kekosongan, tetapi juga merasakan kesamaran dan terus merasakan kerugian dengan usia dirinya sendiri.

Demi sebuah kehidupan yang bahagia, seseorang perlu mempunyai sebuah tujuan dibalik kehidupannya agar ia tahu apa yang ia perlu lakukan dalam hidup ini dan tidak mati dalam keadaan sia-sia.

 

Sekilas Mutiara Kata:

“Siang itu terang, jangan gelapkan dengan dosa,,,,, malam itu panjang, jangan pendekan dengan tidur,,,,, manfaatkan masa muda dengan menjadi taqwa sebagai perahu, iman sebagai nahkoda dan tawakal sebagai layarnya,,,,,”

7 Responses to “Makna dan Arti Kehidupan”

  1. bling bling January 11, 2011 at 3:58 pm #

    hidup itu pilihan,,,,
    hidup itu penuh rasa,,,,

    dan,,
    aku tidak bisa menerima,,,
    melalui blog aku mengamati kehidupan
    mempertanyakan tentang segala hal yang bernama
    kebetulan, menari, tertawa, menangis, bahkan meledak & mencapai orgasme dalam tulisan. 🙂

    • Srikandi Hati January 12, 2011 at 8:07 am #

      seseorang yang bijak pasti mengakui kelemahan diri dalam mencapai hidup yang hakiki, karena dia sendiri dalam kehidupannya tidak pernah hidup dengan kehendak dirinya sendiri….
      thank u cantik sudah mau hadir disini😀

  2. adink doank January 11, 2011 at 6:44 pm #

    amin…..

  3. Astra satria January 11, 2011 at 10:38 pm #

    Alangkah indahnya kehidupan apabila kita dikelilingi dengan orang-orang yang perhatian dan penuh kasih sayang dengan kita.

    • Srikandi Hati January 12, 2011 at 8:17 am #

      Masih ada ruang kosong yang dihuni insan-insan penting yang lain, agar juga kealpaan dalam menikmati cinta dan kasih sayang tidak membawa sesuatu terburuk untuk akhirat, moga-moga kebahagiaan cinta dan kasih sayang berteruskan ke taman-taman syurga,,,,,,,,

  4. angeliza November 4, 2011 at 11:37 am #

    thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: