Hidup Adalah Perjuangan

7 Mar


Melangkah dan terus melangkah…. Adakalanya diri terpaksa berlarian pula, adakalanya perjalanan terhenti seketika…. tertarik pada suatu pohon yang amat rindang, redup dibawahnya dari gasakan terik mentari.  Akarnya timbul melata dari tanah, menggambarkan keteguhan dan kekuatannya mampu bertahan andainya dirempuh angin taufan dan bah banjir. Sedikitpun tidak tergugat, walaupun dari salah satu akarnya telah tercabut namun masih ada akar lain yang gagah menggenggam bumi biar tidak rebah dan tumbang. Menarik alunan cabang ranting-rantingnya mengeluarkan dedaunan pucuk hijau, berselingan bunga-bungaan yang mekar berseri… wangi memikat isi hati dan perasaan…. dan buah-buahan yang masak ranum menambah kualitas bagi sebatang pohon.

Adakalanya diri tersadar bahwa diri tidak layak untuk memetik dan merasainya. Diri ini hanyalah perantau yang sekedar memiliki waktu yang sementara untuk berteduh dibawahnya. terkadang sebuah pohon itu menggugurkan bunganya jatuh anggun melayang diribaan. Buat diri menikmati wangian sementara bagi menenangkan kecarutmarutan dan kekeliruan emosi. Terkadang juga buahnya senantiasa ada saja, walaupun tergugur dari puncak pohon, tetapi baik isi rupanya.

Pohon ini setia membiarkan diri berteduh dibawahnya, tetapi diri merasa bahwa sudah tiba waktunya untuk bangkit lagi, menapak memulakan perjalanan. Tidak selamanya patut hanya untuk duduk berteduh, diri perlu bergerak, mencari arah tujuan, biarpun bakal bersua liku-liku berbatu, gunung-gunung bercabang, dan onak ranjau berduri. Tetap mencoba…. tekad dan yakin hati.

Dunia ini hanya sementara….. bersama bersegera menuju jalan kembali….. esok pasti kan sampai kepada-Nya.

31 Responses to “Hidup Adalah Perjuangan”

  1. akhmad fauzi March 7, 2011 at 2:28 pm #

    Salam kenal,Jadi jangan terbuai kehidupjn dunia ya mbak?

  2. Ummu ShidQi March 7, 2011 at 3:41 pm #

    Genggam dunia di tangan… selimuti hati untuk meraih tempat terbaik di akhirat…

    • Srikandi Hati March 7, 2011 at 3:51 pm #

      Amin, semoga kita dapat menjadi sekuntuman mawar di tamanNya….

  3. Alam March 7, 2011 at 4:00 pm #

    hidup di dunia.. sebentar saja.. sekedar mampir sekejap mata.. jangan terpesona.. jangan terpedaya.. (nyanyi ala AA Gym)

    • Srikandi Hati March 7, 2011 at 4:03 pm #

      maka,,, jagalah hati jangan kau kotori, jagalah hati lentera hidup ini….😀

  4. belajar dan berbagi informasi March 7, 2011 at 4:10 pm #

    Betul Mbak, hidup adalah perjuangan. Menariknya, jika kalimat tersebut dibalik, maka kira2 maknanya menjadi “Perjuangan haruslah dihidupkan” Thanks atas apresiasinya🙂

  5. belajar dan berbagi informasi March 7, 2011 at 4:35 pm #

    Betul sekali Mbak, hidup adalah perjuangan. Menariknya, jika kalimat tersebut dibalik, maka maknanya kira2 menjadi “Perjuangan harus dihidupkan”, he..he..Thanks Mbak atas apresiasinya🙂

    • Srikandi Hati March 7, 2011 at 4:41 pm #

      masukan yang bagus tuh mas, kalo kalimatnya di balik begitu,, maknanya jadi lebih hidup ya😀

  6. joko santoso March 7, 2011 at 5:12 pm #

    tanpa perjuangan, seakam hidup ini hanya main-main

  7. wiwin March 7, 2011 at 5:46 pm #

    Gantian mampir ya mba…🙂
    Salam kenal kembali🙂

  8. kamal March 7, 2011 at 6:31 pm #

    Dunia ini hanya sementara….. bersama bersegera menuju jalan kembali….. esok pasti kan sampai kepada-Nya.., aku suka dech.. pas bagian terakhirnya.. hehe nice mba”

  9. lozz akbar March 7, 2011 at 7:20 pm #

    wah gara-gara baca posting ini.. saya sadar kalau makin tua ya Mbak… ehm apa yang sudah aku lakukan selama ini ya?

  10. dhe March 7, 2011 at 11:22 pm #

    karena hidup adalah perjuangan, makanya kita harus selalu menikmati setiap perjuangan yang udah kita lakukan..🙂

  11. Bung Iwan March 8, 2011 at 12:10 am #

    inget bapak yang bilang: “hidup adalah perbuatan”
    siapa tuh ya yg ngomong??
    saya sering heran dng kalimat2 begitu, mbak. kok rasanya susah dimengerti. hihihih. bodoh kali ya saya…?

  12. Ami March 8, 2011 at 12:29 am #

    Yah begitulah. Ma kasih diingatkan. Kadang ujiannya emang lumayan berat rasanya. Tetap bertahan untuk memperbaiki diri di jalan lurus

  13. sang lazuardi March 8, 2011 at 7:31 am #

    betul sekali..hidup penuh liku-liku, kadang suka kadang duka

  14. adipras March 8, 2011 at 10:05 am #

    Setiap langkah dalam hidup adalah jejak-jejak perjuangan…

  15. kamaropini March 8, 2011 at 11:28 am #

    wah, ilustrasinya bagus, sampai bayangin perjuangan memang tak pernah berhenti sampai nafas berakhir.

  16. sibair March 8, 2011 at 11:54 am #

    Saya setuju mbak…😀

  17. kira March 8, 2011 at 12:38 pm #

    yuppsss, emang bukan cuma perkataan

  18. amisha syahidah March 8, 2011 at 12:47 pm #

    Dan setiap perjuangan butuh pengorbanan..:)

  19. adelays March 8, 2011 at 12:59 pm #

    Hidup hanyalah sesaat. Dulu kita masih kecil, sekarang tumbuh dewasa, semakin cepat berlalu tanpa terasa.

    Kita tidak dapat mengulangi masa lalu, hanya waktu yang berlalu. Indah atau getirnya masa lalu memang sudah berlalu, dan tidak dapat kembali.

    Hanya bisa kita mengenangnya.

    Salam Kenal dari Adelays.

  20. ysalma March 8, 2011 at 6:27 pm #

    hidup di dunia perjalanan mempersiapkan bekal untuk pulang, dan tentunya tidak mudah ya mbak,,

  21. shaleh March 8, 2011 at 7:28 pm #

    dan dengan perjuangan juga kita bisa hidup, xixixi

  22. Edoh March 8, 2011 at 11:46 pm #

    Yes!!

    Jd makin semangat…,

    tambah semangat ya mba…,

  23. mamah Aline March 9, 2011 at 7:34 am #

    ya betul hidup adalah perjuangan, hanya orang yang putus asa dan malas yang tak mau memperjuangkan hidup untuk berharga dan bermakna

  24. yuni80 March 9, 2011 at 10:50 am #

    Jalani Hidup Ini Apa Adanya😀

  25. dina.thea March 9, 2011 at 12:36 pm #

    bahasanya tingkat tinggi neh, ntar dicerna dulu, tapi kalimat akhirnya sih ngerti, setuju mba, hidup itu sementara, so gunakan dengan sebaik2nya.

  26. Astra satria March 10, 2011 at 12:19 am #

    Teruslah berkarya, dan jadi diri sendiri, saluuut dengan perkembangannya, BTW koneksi akun wordpress.com saya sudah lancar kembali, syukuur gak jadi tutup akun😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: