Pelajari Air Mengalir,,,

14 Mar

Kali ini saya punya kisah cerita tentang air yang menyimpan banyak rahasia, dan mungkin bisa kita jadikan pembelajaran untuk berwirausaha….

Kisah ini dimulai dari impian setetes air yang berada diangkasa raya. Dalam ketermenungannya, dia punya ambisi untuk mencapai samudra dan menjadi salah satu tokoh penting disana. Untuk bisa turun kebumi si tetes air menumpang angin untuk bergabung dengan awan. Tiba-tiba awan saling berbenturan di angkasa dan terjadilah semburan kilat yang menggelegar, setetes air pun terpelanting jatuh kebumi dengan deras bersama jutaan air lainnya. Sang air mendarat di atas sebuah rumah. Dengan gigih dia memimpin beberapa tetes air bergerak menuju genting, tapi kaki sang air terpeleset di sebuah genting yang renggang, lalu terjatuh, badannya melayang dan jatuh diatas langit-langit, dia berusaha terus turun, namun malang nian, dia hinggap diatas panci yang panas diatas api, rupanya sang pemilik rumah sedang memasak, badan si tetes pun menggeliat kepanasan, belum selang semenit pun dia habis menguap di udara.

Perjuangan dan impian tidak bisa diraih secara langsung. Kegagalan sering menghinggapi siapa pun yang berusaha mendapatkan kesuksesan. Gagal itu biasa, tapi bangkit dari kegagalan baru luar biasa.

Sang air berusaha kembali menyatukan diri diangkasa dan bergabung kembali dengan awan lalu turun kebumi, kali ini sang air berhasil melewati genting dan terjatuh dengan puluhan tetes air yang berhasil dipimpinnya, tetapi ternyata dibawah ada sebuah ember, sang air pun terdampar dan terjebak di sana. Satu hari terlewati, dua hari terlalui dan minggu pun berganti, Si tetes air berpikir dan berusaha dengan keras mencari jalan keluar. Kesabaran dan kegigihannya, mengantarkan dia pada bocor dibawah ember, bocor itu sangat kecil hanya rembesan air yang mampu keluar, sang air pun memimpin teman-temannya untuk keluar bergantian dengan sabar, ember besar yang berisi air pun akhirnya kosong.

Sang air masuk keselokan dan sungai, dia mengalir mencari arah, dia terus mencari tempat terendah dan menuju muara di lautan. Dia berusaha melewati beribu rintangan yang terus menghadang dan menaklukan cobaan yang terus berganti. Setahun, dua tahun hingga tiga dekade telah terlewati, sang air kini menemukan jalannya. Dia berada ditengah samudera dengan memimpin jutaan dan milyaran air untuk terus meneruskan tugasnya menjaga keseimbangan alam semesta.

Ternyata, samudera bukanlah tempat yang tenang. Samudera selalu bergejolak, banyak badai yang terjadi hampir setiap hari, dan matahari menyengat memaksa air di samudera menguap untuk diubah kembali menjadi awan. Si tetes air mengalami terus tempaan, tiada akhir dari perjuangan, hanya kematian dan ketiadaan yang mampu menghentikannya. Waktu yang akan menjemput si tetes air ke singgasana keabadian di khayangan nanti. Waktu tersisa dalam kedigjayaan si tetes air adalah waktu ketika ia harus tetap mawas diri.

Kesuksesan sering melupakan diri kita dari mana dahulu  memulai. Cita-cita mulia yang diangankan banyak berubah ketika mencapai kedigjayaan. Meski kita berasal dari bawah, ketika telah berada diatas, kita sering melupakan segala jalan yang pernah ditempuh.

 

26 Responses to “Pelajari Air Mengalir,,,”

  1. belajar dan berbagi informasi March 14, 2011 at 2:02 pm #

    Jangan “hanya” melihat kesuksesan yang telah dicapai seseorang, tapi lihatlah tingkat kesulitan/tantangan yang telah dihadapi dlm mencapai kesuksesan tsb. Jangan hitung berpkali kamu gagal, tapi hitunglah berapakali kamu bangkit dr setipa kegagalan, begitu brgkali ya Mbak makna tersirat dari cerita di atas. Mohon maaf kalau salah analisa, he..he..

    • Srikandi Hati March 14, 2011 at 2:12 pm #

      Dan kebanggan terbesar bukanlah tidak pernah gagal, tapi kebanggan terbesar adalah ketika mampu bangkit lagi dari kegagalan…😀

  2. kamal March 14, 2011 at 7:25 pm #

    hmmm..sangat inspiratif.. nich tulisannya.. benermba.. kegagalan harus jadi motivasi kita untuk bangun lagi..semangaaaaaaaaaaat

    • Srikandi Hati March 15, 2011 at 12:24 pm #

      semangat dong kan ada bang kamal yang selalu hadir… he he he

  3. Ami March 14, 2011 at 7:33 pm #

    Analoginya perjuangan dengan setetes air… Hmmm…

  4. Ami March 14, 2011 at 7:34 pm #

    Analoginya perjuangan dengan setetes air… Hmmm… Menarik juga

    • Srikandi Hati March 15, 2011 at 12:25 pm #

      iya mba, air menyimpan banyak rahasia dan banyak ilmuwan yang menguak rahasia di balik air,,,,

  5. yayack March 14, 2011 at 8:49 pm #

    air selalu mencari dataran dalam titik terendahnya. Proses hidup laksana air harus mengalir mencari sumbu muaranya apapu halangan semuanya bisa di lalui… Hehehe jadi inget tsunami!

    • Srikandi Hati March 15, 2011 at 12:26 pm #

      Dalam tiap kesulitan pasti ada jalan keluar, hanya kita harus sabar untuk mencarinya🙂

  6. amisha syahidah March 14, 2011 at 9:04 pm #

    perjuangan hidup kita jg sama seperti setetes air di atas,takkan berhenti hingga ajal menjelang.

    • Srikandi Hati March 15, 2011 at 12:28 pm #

      itu pasti dan akan terlalui hanya soal waktu,,,🙂

  7. Bang Aswi March 14, 2011 at 9:18 pm #

    Alhamdulillah, inspirasi air yang begitu luar biasa dan merasuk ke jiwa. Dan air pun, sebagian melebur bersama kita. Di dalam sumsum tulang maupun mengalir bersama sel darah merah. Subhanallah ….

    • Srikandi Hati March 15, 2011 at 12:31 pm #

      air memang menjadi salah satu sumber kehidupan bagi kita… tanpa air kita tak kan bisa hidup,,,, duh ngomongin air kok jadi haus ya hehehehe

  8. Sugeng March 14, 2011 at 10:02 pm #

    Sebuah analogi yang keren tentang perjuanagn yang tiada henti. Hancur tapi bukan menjadi akhir segalanya namun sebuah awalan yang harus di mulai lagi.
    Tapi sayang manusia ridak bisa seperti air, hancur tak berbekas tapi masih bisa menjadi air kembali😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • Srikandi Hati March 15, 2011 at 12:34 pm #

      Sebesar apa kesulitan dalam berusaha seandainya kita lebih gigih dan sabar niscaya kita menemukan solusinya,,,,

  9. ageng March 14, 2011 at 10:09 pm #

    analoginya bagus. biarkan hidup ini mengalir seperti air. tapi, apa ya yang kita pelajari dari air terjun?

    • Srikandi Hati March 15, 2011 at 12:35 pm #

      biarkan berjalan seperti air mengalir suatu saat akan bertemu dimuara,,,😉

  10. dheeasy March 14, 2011 at 10:42 pm #

    Dari air pula seharusnya manusia harus mencoba memahami untuk belajar rendah hati -tak malu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah- sehingga tak ada kesombongan akan segala lebih yang dimiliki….

    Salam kenal🙂

    • Srikandi Hati March 15, 2011 at 12:38 pm #

      betul Mba Dheeasy,, orang tidak banyak ditentukan oleh apa yang dimilikinya ketika lahir melainkan apa yang ia perbuat atas dirinya sendiri

      Salam kenal kembali dari saya😉

  11. lozz akbar March 15, 2011 at 11:09 am #

    Mungkin sebuah kesuksesan ada baiknya diperoleh dengan menerima kegagalan terlebih dahulu. Sebab kesuksesan yang diperoleh dengan jalan yang tak mudah akan terasa lebih nikmat dan tentunya kita akan lebih menghargai proses saat kita meraih kesuksesan tersebut..

    • Srikandi Hati March 15, 2011 at 12:41 pm #

      Butuh waktu panjang untuk mencapai kesuksesan, kesabaran dan keuletan akan benar-benar diuji, hanya pedang yang tajamlah yang mampu melewati banyak cobaan, dibakar, ditempa dan diasah. hanya pengusaha yang sukses yang mampu melewati berbagai dinamika bisnis,,, >dooh sok pinter gue he he he…..

  12. ameermuh March 15, 2011 at 1:48 pm #

    Nice…..

  13. Astra satria March 17, 2011 at 9:01 pm #

    Terkadang kesuksesan harus di awali dengan pemaksaan dulu, karena yang diajak sukses susah kalau mau diajak maju, maunya cuma bikin status di fb😛

    • Srikandi Hati March 18, 2011 at 1:14 pm #

      he he he baiklah pak guru,,,, ku kan selalu manut padamu😀
      hebat buat pak guru bisa memaksa orang menjadi sukses,,,, jangan berhenti memaksa ya hahahahaha supaya menjadi lebih sukses,,,, >ketagihan dipaksa,,,,ternyata dipaksa itu asik😀

  14. asudomo May 23, 2011 at 11:25 pm #

    suka sama pernyataan “gagal itu biasa, bangkit dari kegagalan itu luar biasa”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: