Rona Kehidupan

29 Mar

Kusendiri disini
Menghitung tasbih hayat
Kutiti jembatan kehidupan
Kuselami makna kebenaran
Beratnya beban hidup ini

Kudongkakan kepala
Menembus langit tak berawan
Menghadap cahaya hidayahMu
Kupanjatkan do’a dari hati
Kulukis sendu pengabdian
Mengharap belas pengampunan….

Illahi Robbi…..
Disini kumencari ridhaMu
Antara bebayang mentari
Dan redup embun membasahi
Mencari harga diri dihadapanMu

Illahi Robbi….
Kuselami makna kehidupan ini
Kutafsiri makna derita silam
Kutiti jalan perjuangan ini
dan,,, aku pasti kembali
Mencari sejernih air di Al-Kautsar….
AmpunanMu Ya Robbi…..

Pemuda Bangsa

25 Mar

Pernah saya berpikir, meraih kesuksesan adalah sesuatu yang mudah. Seperti layaknya anak muda lainnya, jiwa muda dalam diri saya memandang sesuatu dengan mudah untuk diraih. Seperti dalam teori-teori yang pernah saya pelajari bahwa, dengan konsisten melaksanakan sesuatu, kita akan mudah meraihnya. Ternyata kenyataanya tidak semudah itu, berulangkali saya melihat seseorang yang gagal, kecewa dan berulangkali mereka harus memulai dari awal. Teori yang saya pelajari terpatahkan oleh kenyataan.

Tetapi bapak saya sering memberi nasihat, beliau bercerita tentang sebatang pohon bambu yang baru tumbuh, bambu muda, bambu yang tumbuh paling tinggi diantara bambu-bambu lainnya, bambu yang baru melihat betapa luasnya dunia ini dan berpikir bisa melakukan semua dengan mudah. Tapi, apa yang terjadi ketika hujan turun dengan deras dan angin berhembus dengan kencang? bambu muda itu tidak sanggup menahannya. Sementara, bambu tua bergerak meliuk-liuk mengikuti arah angin berhembus. Bambu muda akan patah, kecuali dia selalu berada diantara rumpun bambu-bambu tua (dan persepsi saya tentang hal ini adalah anak muda yang terhantam cobaan jika tidak berada disekitar orang tua yang bijak, maka dia akan patah). Akibatnya,,,jika bambu muda itu patah sangatlah buruk. Meski nanti usianya tua, bambu itu tidak akan bisa dipakai apa-apa, bahkan untuk kayu bakar pun tidak bagus.

Sekolah saya rasakan seperti mesin produksi yang berlomba menciptakan banyak produk lulusan dengan nilai tinggi. Sekolah tidak mengajarkan inti dari pembelajaran itu sendiri, al hasil, ia hanya menciptakan para lulusan yang tidak kreatif dan berhenti melakukan pembelajaran ketika selesai meninggalkan bangku sekolah.

Para generasi muda negeri ini kaya dengan teori tapi miskin dengan praktik, kemahirannya hanya bisa ngomong teori, tetapi ketika melaksanakannya, mereka berpangku tangan. Mereka lebih senang membicarakan cara daripada melakukannya.

Lebih ironis lagi, pemerintah negeri ini pun diisi oleh para jagoan teori yang miskin implementasi. Mereka laksana bambu muda yang menjulang tapi tak mengakar. Maka saat krisis mendera, yang ada hanyalah saling menyalahkan, yang ada hanyalah menganggap teori yang dikemukakan paling sahih untuk mengatasi keadaan, sedangkan pada kenyataannya, tidak banyak tindakan dilakukan sehingga rakyat semakin banyak menjadi korban.

 

Istanaku Deritaku,,,

22 Mar

Istanaku deritaku
Berdiri megah dengan dinding besi
Pengawalku setia berdiri di depan jeruji
Aku bersemayam indah dalam mimpi
Dimana kutemukan anak istri

Istanaku deritaku
Ruangan indah dengan udara lembab
Tempat sang tikus bebas mencari makan dan beranak
Seakan bertanya beradaku disini kenapa sebab
Dalam istanaku aku di paksa pasrah
Menanti sisa waktu penuh debar

Istanaku deritaku
Dalam pembaringan kapuk penuh kutu
Kuterkurung dalam otak beku
hanya mimpi syahdu penawar rinduku
Dimana setiap hari kuhitung sisa umurku
aku berdoa dalam asap roko yang mengepul
Berharap doa dalam asap terkabul

Akhirnya,,,,kutemui diriku disini…
Dalam perhatian-Mu aku lupa diri
Kini aku semakin mengerti
Masa senjaku semakin hampir

Tiada keriangan di dalam hati
Walau senyuman manis di bibir
Hati galau memikirkan nanti
Kesudahan diri yang tidak pasti….

Pasrah Menanti Takdir

21 Mar

Dalam berjuang mengarungi kehidupan ada saja ujian yang mendatang. Itu tandanya Allah sayang, tetapi insan cepat mengeluh kesempitan, tak pernah rasa cukup dengan apa yang ada, susah benar mengucap syukur Alhamdulillah…

Akal membedakan manusia dengan makhluk lainnya… namun sayang seribu kali sayang… nikmat itu disalahgunakan, musuh-musuh Islam tak tidur malam, memikirkan cara menjatuhkan umat islam….

Andai benar ada secabis keinsyafan, mempunyai secubit rasa keikhlasan,,,, bajailah dengan Al-qur’an, tuntunlah hati dengan As-Sunnah… jangan jadi insan yang tak mengenal budi kepada Illahi, jangan pernah bosan berjuang mencari cinta abadi, karena tujuan kita menuju syurgawi yang menanti….

Robb,,,! hamba ini hanya makhluk yang hina,,,, terlalu cepat berputus asa, terlalu susah menahan amarah, terlalu gampang untuk berbangga,,, Astagfirullah,,,!! bantulah daku Robb, menjadi insan yang mencintai dan dicintaiMu….

Surutkanlah perpecahan… biar pasang persaudaraan…oborkan semangat, jangan biarkan ditiup angin kelemahan….

hanya padaMu hati pasrah menanti takdir…setiap kali daku terjatuh lagi, lalu Engkau bangkitkan diriku lagi…

Sesungguhnya amal, hidup dan matiku hanya untukMu… bimbinglah diriku agar pribadi Rosulullah menjadi ikutan, jadikan daku Srikandi MujahidahMu agar cintaMU menghiasi hariku….

Kesunyian Hati,,,,

19 Mar

Ketika hati sunyi dan ketakutan yang teramat

Tiada tempat untuk kusandarkan duka yang sedang membelah jiwa

Aku hanya seorang pengembara asing yang berhenti singgah mencari tapak bahagia, keluar dari darita, lalu tiba di maya pada

Ku berjerih payah membina kembali

Semangat hidup yang pernah lenyap suatu ketika dahulu

Ku bina dengan tabah dan air  mata

Sehingga ku mampu berdiri walaupun ketika sedang disakiti oleh kenangan dan kerinduan lama

Kini,,,, aku bagaikan kembali terjatuh kelembah yang gelap, dingin, sunyi dan menyakitkan

Biarpun tak sendiri, meraba-raba dalam do’anya kepada Illahi

Hanya Dia saja yang masih ada dan sedang memperhatikanku

Ombak dilaut bergulung kasar, menghempas ke pantai berulang-ulang

Ketika langit malam gelap mendung mengandungi hujan

Kurasakan diri bagaikan sedang bersendirian

Di sebuah pantai yang tak berpenghuni sedang sujud sedih dipinggirku

Datang ombak membawa hanyut ke laut dalam

Gelap, sejuk, dingin, sepi dan terombang-ambing tanpa mampu bernafas lagi

Hanya Tuhan sajalah yang dapat membantunya,,,,,!

Blog Award

18 Mar

Cihuuuuyyyyy,,,,,,,!!!! Sobat Blogger,,, aku dapet award lagi nih,,,,! ini adalah award yang ke-3 yang kuterima, gak nyangka deh aku bakalan ngalamin kaya gini, ternyata ngeblog itu indah ya, ada suatu keasyikan dan kepuasan yang kurasakan, padahal sebelumnnya aku enggan banget terjun kedunia blog karena  aku bingung mo nulis apa jika aku punya blog, sampe planga plongo kaya ayam kebingungan…., tetapi karena Soulmateku yang terus merangsang aku sehingga akhirnya aku terangsang juga nih terjun di dunia blog malahan makin keasyikan sampe lupa utang,,, hahahahaha,,,, uppps,,,,!!! sory teman-teman keasyikan ketawa nih, habis kalo ingat sejarahnya lucu banget pas waktu bikin blog ini, untung soulmateku selalu ditemani Bung Sabar, akhirnya jadi deh aku seorang blogger,,, punya profesi  baru nih ceritanya jadi seorang blogger,,,, benar kata sahabatku BISA KARENA TERPAKSA,,,,! aaaakh,,,, jadi malu,,,,! buka kartu nih yeeee,,,,,, he he he

Aiiih kebanyakan ngomong sampe lupa aku sama awardnya,,,, oke deh teman-teman aku dapet award kali ini dari sahabat aku yang cantik dan baik hati, dia adalah Amisha Syahidah makasih ya sahabatku sayang,,,,! semoga persahabatan kita semakin terjalin dengan baik meskipun kita hanya bertatap foto kaku namun jalinan silaturahmi kita tidak kaku dan semakin syahdu,,,,amiiinnn.

Dan inilah Blog Award yang kuterima:

katanya jika aku mendapat award ini harus menceritakan 8 hal tentang diriku,,,,, apa ya,,,? aku sih nggak neko-neko orangnya, tidak suka yang berlebihan, yang sedang-sedang aja gitu lho,,,, suka bersahabat, seorang mojang sunda yang guyonis, resep heureuy ceuk orang sunda mah, suka bercanda sampe berlebihan malah pernah juga ngejailin someone hahahaha >jadi pengen ketawa kalo inget itu, semoga saja yang dijailin gak menyimpan dendam sama saya but aku yakin gak bakalan lah,,,,>sok tau gw,,,,! tetapi aku gampang tersentuh, (hatinya lho, bukan yang laen,,,,!) terus apa lagi ya,,,, pokoknya jika ingin  lebih jelas lihat saja deh di Diriku itulah sekelumit tentang aku. Terus katanya blog ini harus di berikan lagi kepada sahabat bloger, hmmmmm,,,,, baiklah Blog Award ini akan aku berikan kepada teman saya Mas Fikriyansyah seorang sahabat blogger yang baik dan perhatian  😀 semoga saja yang bersangkutan sudi menerimanya,,,,,!. yang jelas Blog award ini saya persembahkan buat sahabat blogger saya semua,,,,!!!

I love u all my friend,,,,,!!!! mmuaaach,,,,,,!!! he he he

Sang Maut,,,

15 Mar

Apa bila sang maut datang menjemput
Selembar nyawa dibawa kelangit
Maka berkatalah Malaikat dipintu langit pertama
Wahai Idzrail ruh siapakah gerangan yang harum semerbak
Ini adalah ruh si fulan bin fulan ucap si pencabut nyawa
Maka pintu langit terbuka sampai dilangit ke tujuh.
MAUT NAN CANTIK PENUH SENYUMAN….!!!

Apa bila sang maut datang bertamu
Selembar nyawa dilempar kelangit
Maka cemberutlah wajah Malaikat dipintu langit pertama
Lalu berkata sambil menutup lubang hidung
Wahai Idzrail ruh siapakah yang berbau busuk
Ini adalah ruh si fulan bin fulan
Maka tertutuplah pintu langit
MAUT NAN MENGHIBA DALAM PENYESALAN….!!!

Pelajari Air Mengalir,,,

14 Mar

Kali ini saya punya kisah cerita tentang air yang menyimpan banyak rahasia, dan mungkin bisa kita jadikan pembelajaran untuk berwirausaha….

Kisah ini dimulai dari impian setetes air yang berada diangkasa raya. Dalam ketermenungannya, dia punya ambisi untuk mencapai samudra dan menjadi salah satu tokoh penting disana. Untuk bisa turun kebumi si tetes air menumpang angin untuk bergabung dengan awan. Tiba-tiba awan saling berbenturan di angkasa dan terjadilah semburan kilat yang menggelegar, setetes air pun terpelanting jatuh kebumi dengan deras bersama jutaan air lainnya. Sang air mendarat di atas sebuah rumah. Dengan gigih dia memimpin beberapa tetes air bergerak menuju genting, tapi kaki sang air terpeleset di sebuah genting yang renggang, lalu terjatuh, badannya melayang dan jatuh diatas langit-langit, dia berusaha terus turun, namun malang nian, dia hinggap diatas panci yang panas diatas api, rupanya sang pemilik rumah sedang memasak, badan si tetes pun menggeliat kepanasan, belum selang semenit pun dia habis menguap di udara.

Perjuangan dan impian tidak bisa diraih secara langsung. Kegagalan sering menghinggapi siapa pun yang berusaha mendapatkan kesuksesan. Gagal itu biasa, tapi bangkit dari kegagalan baru luar biasa.

Sang air berusaha kembali menyatukan diri diangkasa dan bergabung kembali dengan awan lalu turun kebumi, kali ini sang air berhasil melewati genting dan terjatuh dengan puluhan tetes air yang berhasil dipimpinnya, tetapi ternyata dibawah ada sebuah ember, sang air pun terdampar dan terjebak di sana. Satu hari terlewati, dua hari terlalui dan minggu pun berganti, Si tetes air berpikir dan berusaha dengan keras mencari jalan keluar. Kesabaran dan kegigihannya, mengantarkan dia pada bocor dibawah ember, bocor itu sangat kecil hanya rembesan air yang mampu keluar, sang air pun memimpin teman-temannya untuk keluar bergantian dengan sabar, ember besar yang berisi air pun akhirnya kosong.

Sang air masuk keselokan dan sungai, dia mengalir mencari arah, dia terus mencari tempat terendah dan menuju muara di lautan. Dia berusaha melewati beribu rintangan yang terus menghadang dan menaklukan cobaan yang terus berganti. Setahun, dua tahun hingga tiga dekade telah terlewati, sang air kini menemukan jalannya. Dia berada ditengah samudera dengan memimpin jutaan dan milyaran air untuk terus meneruskan tugasnya menjaga keseimbangan alam semesta.

Ternyata, samudera bukanlah tempat yang tenang. Samudera selalu bergejolak, banyak badai yang terjadi hampir setiap hari, dan matahari menyengat memaksa air di samudera menguap untuk diubah kembali menjadi awan. Si tetes air mengalami terus tempaan, tiada akhir dari perjuangan, hanya kematian dan ketiadaan yang mampu menghentikannya. Waktu yang akan menjemput si tetes air ke singgasana keabadian di khayangan nanti. Waktu tersisa dalam kedigjayaan si tetes air adalah waktu ketika ia harus tetap mawas diri.

Kesuksesan sering melupakan diri kita dari mana dahulu  memulai. Cita-cita mulia yang diangankan banyak berubah ketika mencapai kedigjayaan. Meski kita berasal dari bawah, ketika telah berada diatas, kita sering melupakan segala jalan yang pernah ditempuh.

 

Hidup Ini,,,,

12 Mar

Alangkah indahnya hidup ini dalam perhitungan Allah. Setiap hari mengikuti rutin 24 jam dari sejak awal terbukanya mata setelah dimatikan sekejap dan kemudian tertutup lagi untuk menikmati perjalanan malam yang panjang dengan harapan moga-moga mata ini akan berpeluang lagi menatap cantiknya kehidupan yang terbentang luas.

Untuk menjadi insan yang mempersembahkan segala yang terbaik yaitu yang bermakna untuk dunia dan berarti untuk akhirat, tidak mudah untuk mewujudkan kata-kata tersebut, tak semudah untuk mengetik huruf-huruf dan bersatu menjadi kalimat yang indah.

Bila kau memandang segalanya dari Allah, yang menciptakan ujian, yang menyebabkan sakitnya hati, yang menyebabkan kinginan terhalang, maka damailah hati karena tidaklah Allah sengaja mengatur segalanya untuk sesuatu yang sia-sia. Bukan Allah tidak tahu derita hati tetapi mungkin itulah yang Dia maukan, karena Dia tahu hati yang beginilah selalu lebih lunak dan mudah untuk dekat dan akrab dengan-Nya…. Dengan seorang diri berteman akal dipandu iman… moga hari-hari seterusnya lebih indah dan mendamaikan…..

Terbakar diriku sekian lama bermain api dosa YA RAHMAN YA ROHIM… Kumohon berteduh dibawah rindang kasih dan rimbunan keampunan MU….

Dicelah-celah pepohonan keinsyafan, kumohon cahaya hidayah dan taufiqMU… moga sinar itu membawa diriku keluar dari rimba kejahilan dan kemaksiatan… memandu aku ke denah yang betul hingga keujung nyawa…..!

Wanita Sholehah

10 Mar

Dia seorangWanita….!

Yang masih belum dimiliki insan yang bernama suami

Dengan izin dan rahmat dari Ilahi

Pintu hatinya mudah terbuka buat pemuda beriman

Mudah tertutup pula untuk pemuda yang buta hatinya

 

Dia seorang Wanita….!

Sungguh cantik terlindung rambutmu

Sungguh ayu tertutup bentuk tubuhmu

Yang terlahir jelas gaya kesopananmu

Mengaburi segala yang tersirat dihati

Hanya diri sendiri yang menghakimi

Mungkin suci ikhlas karena Illahi

 

Dia Seorang Wanita……!

Tutur katanya terungkap mutiara kata nilaian berharga

Kecantikannya lahir dari pribadi mulia

Keturunannya baik-baik belaka dari keturunan Adam & Hawa

Hartanya bukan bertujuan untuk berbangga

Namun, agamanya teras kejayaan berganda

 

Dia Seorang Wanita…..!

Kasihnya kepada Ilahi tidak berbelah bagi

Iman & takwa di hatinya dijaga dipelihara

Andai kau telah sampai ke tahap ini

Dengan akhlak mahmudah terpahat dihati

Syari’at Islam senyawa dalam diri

Maka layaklah dikau mendapat ganjaranNya

Muslimah sholehah kau gelari

Menjadi idaman setiap muslim sholeh

Yang sukar sekali untuk diperoleh….!!!